1.Publikasi online
Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) kian berkembang pesat dewasa ini. Dalam
hitungan detik, segala informasi dan berita dari segala penjuru negeri
bisa kita akses dengan mudah, terutama melalui internet, salah satu
produk ICT. Bukan sekedar media, teknologi informasi dan komunikasi ini
juga mempunyai pengaruh dalam proses demokratisasi, terutama terkait
salah satu komponen utama demokrasi, yaitu transparansi. Oleh
karena itu, harus ada edukasi mengenai pemanfaatan media online ini,
terutama jika media online ini digunakan sebagai sarana publikasi.
Menyikapi perkembangan ini, tim website P2P-LIPI (www.politik.lipi.go.id) pada tanggal 10
Desember 2009 mengadakan workshop mengenai ”Publikasi Online” dengan
menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Romi Satria Wahono dengan
makalahnya yang berjudul ”Science 2.0: Paradigma Baru Penyebaran Ilmu Pengetahuan Secara Online” dan Syafuan Rozi Subhan, SIP, MSi dengan makalahnya yang berjudul ”Cyberclash, Demokrasi dan Resolusi Konflik”.
Dalam
paparannya, Romi yang merupakan CEO PT Brainmatics dan pendiri
IlmuKomputer.com mengemukakan bahwa perkembangan teknologi informasi
yang semakin pesat, khususnya internet, telah membuat dunia semakin
datar. Hal ini berdampak pada proses kolaborasi dan publikasi yang
menjadi semakin mudah dan cepat dilakukan. Web 1.0 pun kini bergerak
menjadi Web 2.0 yang pada intinya memberikan hak lebih kepada pengguna
untuk berpartisipasi secara aktif. Contoh layanan web yang menggunakan
pendekatan web 2.0 ini adalah situs jejaring sosial yang akhir-akhir ini
marak digunakan, seperti Facebook dan Friendster, termasuk juga Blogs
(wordpress.com, blogspot.com, multiply.com), dan Wikipedia.
Penerima penghargaan dari PBB tahun 2003 untuk Continental Best Practice Examples (Special Mentions) in the Category e-Learning
ini lebih jauh mengungkapkan bahwasanya kini semakin banyak peneliti
yang mempublikasikan tulisan ilmiahnya melalui fasilitas Web 2.0. Hal inilah yang disebut Science 2.0. Proses penelitian secara alami akan menuju ke Science 2.0 ini. Di
sisi lain, penggunaan Science 2.0 ini bukan berarti tanpa kendala.
Science 2.0 membuka peluang terjadinya pelanggaran hak kekayaan
intelektual. Dari tujuh ragam Hak Kekayaan Intelektual, yang paling erat
hubungannya dengan penelitian adalah hak cipta dan paten. Dari sisi
fisik, sebagian besar publikasi ilmiah berada dalam ranah ”hak cipta”
pada konsepsi HKI. Hak cipta sifatnya melekat ke pencipta meskipun tanpa
didaftarkan. Yang paling menentukan dari klaim hak cipta adalah ketuaan
dari usia dokumen. Sementara, publikasi online membawa catatan ”age of document” pada setiap dokumennya. Dengan demikian menurut Romi, boleh disimpulkan bahwa publikasi online
justru sebenarnya dapat mencegah terjadinya pelanggaran Hak Kekayaan
Intelektual, khususnya jenis hak cipta. Berbagai teknologi dan strategi
juga bisa digunakan untuk mencegah dan memberikan punishment bagi pelaku pelanggaran, terutama community punishment.
Berkaitan
langsung dengan ruang politik, Syafuan Rozi Subhan, SIP, MSi.,
mengungkapkan potensi pengembangan demokrasi dan resolusi konflik dengan
ditemukannya sistem komunikasi personal seperti handphone dan berbagai peralatan komunikasi digital seperti e-mail, internet, VoIP (Voice over Internet Protocol), sistem komunikasi jarak jauh dengan Skype, dan tidak menutup kemungkinan mengubah proses politik konvensional dengan cara face to face menjadi politik online. Peneliti bidang politik nasional Pusat Penelitian Politik LIPI ini mengambil kasus cyberclash atau debat sengit antara Malindo (Malaysia-Indonesia) netters atau pengguna mailing-list dan blogs. Gejala ini menyeruak sejak munculnya isu ”I hate Indon”, ”Indonsial”, dan ”Malingsia” antara tahun 2007-2009 di new media virtual website.
Persoalan ini terkait dengan berbagai persoalan kehidupan dan soal
perasaan kebangsaan Indonesia-Malaysia, seperti klaim warisan budaya dan
salah pengertian mengenai pemakaian unsur budaya untuk iklan
pariwisata, seperti lagu Rasa Sayange, Batik, Reog, Tari
Pendet, Kamus Bahasa Melayu-USU, kondisi Tenaga Kerja Indonesia di
Malaysia, dan masih banyak lagi kasus lain yang muncul dalam hubungan
antar bangsa serumpun ini.
Untuk
itu, menurut Rozi, pengembangan demokrasi yang sehat, rekonsiliasi dan
membangun perdamaian dengan cara memperbaiki hubungan, yang secara resmi
berada di pundak pemimpin kedua negara, sudah seharusnya kini menyentuh
seluruh lapisan pejabat negara, para birokrat, para diplomat, para
ilmuwan, para seniman/artis, para pemuda, pelajar dan mahasiswa sampai
ke akar rumput, termasuk media massa dan para pengguna internet antar
bangsa. Cyberclash atau cyberwar perlu diubah menjadi
konflik fungsional yang mengarah kepada keseimbangan baru dan membangun 2.Etika dalam penelitian dengan menggunakan bantuan internet
Sebelum kita belajar bagaimana etika dalam berinternet, alangkah baiknya kita ketahui Kata etika berasal
dari bahasa yunani kuno yaitu Ethikos yang berarti sesuatu yang timbul
dari kebiasaan hidup, etika juga dapat diartikan suatu peraturan tidak
tertulis yang mengatur benar atau salah, baik atau buruk dari suatu
lingkungan hidup.
Secara
garis besar penelitian percobaan (eksperimen) terbagi menjadi
penelitian laboratorium (laboratory experiment) dan penelitian lapangan
(field experiment). Masing-masing penelitian tersebut memliki kelebihan
dan kelemahan tersendiri.
-Penelitian laboratium
Penelitian
laboratorium merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan tertutup,
dimana kelompok eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab
dapat memengaruhi hasil dari pengujian hubungan sebab akibat.
Kelebihan
penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini lebih dapat di
pertanggungjawab kan keabsahannya karena hanya memfokuskan pada
pengujian hubungan sebab dan akibat.
Kelemahan penelitian laboratorium adalah penelitian ini belum tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
- Penelitian lapangan
Penelitian
lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan terbuka,
dimana kelompok eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor
luar.
Kelebihan penelitian lapangan adalah hasil penelitian ini dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Kelemahan
penelitian lapangan adalah tingkat kepastian hubungan sebab akibat tidak
sebesar pada penelitian laboratorium karena sulitnya untuk mengontrol
variabel-variabel pengganggu.
Dalam
melakukan sebuah penelitian percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan
yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan
dan hak asasi subjek penelitian. Berikut adalah etika penelitian
percobaan:
- Kebebasan bagi public untuk mengakses hasil penelitian.
- Menjaga kerahasiaan (privacy) subjek penelitian.
- Mengirimkan hasil penelitian kepada subjek.
- Memberikan hal subjek dan meminta persetujuan terlebih dahulu.
- Memberitahukan secara jujur dan jelas kepada subjek tentang prosedur penelitian yang telah dilakukan.
Setelah
kita mengetahui bagaimana etika dalam suatu penelitian dengan bantuan
internet, sekarang kita belajar etikanya dalam berinternet,antara lain:
* Biasakan
mencantumkan sumber tulisan yang diambil pada tulisan anda, jika tidak
mencantumkan sumber maka sama saja disebut dengan plagiatisme. Suatu
tulisan yang terdapat sumber berasal makan menandakan bahwa tulisan yang
dapat dibuktikan kebenarannya dan akan meningkatkan kepercayaan para
pembacanya.
* Menggunakan
inisial beserta bukti otentik, pada saat penulisan suatu kasus yang
belum pasti kebenarannya, sebaiknya nama orang yang terkait dengan kasus
tersebut diinisialkan dan saat menuliskan suatu kasus dalam suatu
internet jangan lupa menyertakan bukti-bukti yang otentik seperti foto,
link tulisan sumber atau berkas pendukungnya.
* Tata
cara menulis dengan baik, sopan dan sesuai dengan EYD, ini etika yang
sangat penting dalam penulisan di suatu media intrnet, tata cara bahasa
yang mengikuti EYD akan membuat tulisan kita akan dinilai baik dan
jelas. Kesopanan juga hal yang sangat penting dalam melakukan penulisan
jangan sampai tulisan yang kita buat akan mendatangkan masalah untuk
diri kita sendiri.
* Menulis
secara factual (sesuai dengan fakta yang ada), jika ingin menuliskan
sesuatu dalam media internet pastikan bahwa kebenarannya sudah
dipastikan atau sesuatu yang sudah menjadi fakta bukan berupa suatu isu
yang penyebarannya dari mulut ke mulut.
* Tulisan berisi kondisi yang sebenarnya (apa adanya), tidak ada unsure kebohongan agar kepercayaan para pembaca tidak menurun.
* Baca
kebijakan blog provider secara seksama, untuk mencagah hal-hal yang
tidak diinginkan sebaiknya sebelum membuat suatu tulisan dalam blog
terlebih dahulu membaca kebijakan privasi blog provider karena privasi
tersebut berisi peraturan yang harus ditaati oleh pengguna atau user.
Kemudian hal yang terpenting yang harus diperhatikan dalam berinternet
adalah :
- Tulisan tidak boleh yang mengandung SARA
- Konten yang mengandung pornografi baik dalam bentuk video ataupun gambar
- Tidak boleh ada tulisan yang bersikap atau menunjukan menteror orang lain
- Tidak boleh menggunakan terlalu banyak menggunakan huruf capital dalam penulisan karena akan menunjukan teriakan
- Vandalism yang dilakukan sengaja dan tidak bertanggung jawab
- Mengubah dokumen asli tanpa seijin pemiliknya
- Tidak bolah mendukung peredaran software crack yang dapat diunduh bebas
- Jangan melakukan flood, maksudnya mengulang posting yang sudah dipostingkan.
3.Ulasan dari jurnal psikologi yang membahas tentang internet
Mengenai “Analisa Faktor Penggunaan internet Terhadap Motivasi dan Peningkatan Kemampuan Akademik Terhadap Siswa”.
Dalam
jurnal tersebut dijelaskan bahwa kemunculan internet dengan segala
kecanggihannya membawa perubahan dalam gaya dan kebiasaan manusia
sebagai pengguna alat canggih tersebut. Kecanggihan dan kemampuan
teknologi informasi terutama melalui internet sangat mengagumkan dalam
melakukan berbagai transaksi bisnis dan menyebar atau menerima informasi
melalui jaringan maya ke atau dari seluruh pelosok negri bahkan ke
seluruh dunia.
Dengan
pengguna teknologi informasi di berbagai bidang membuat dunia menjadi
tanpa batasan ruang dan waktu, menambah dalam segala bidang kehidupan.
Internet
adalah inter konektivitas jaringan computer di dunia, sehingga kemudian
computer di dalam jaringan tersebut dapat saling berhubungan dan
mengakses sumber daya (resources) yang disediakan masing-masing
computer.
Dalam Woena
(2008) internet adalah jaringan informasi computer mancanegara yang
berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai
jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya semua
orang yang berasal dari berbagai bidang mengenal manfaat apa yang di
dapat melalui jaringan ini.
Dalam
jurnal tersebut di jelaskan bahwa banyak manfaat yang dapat diperoleh
dengan memanfaatkan fasilitas akses ke internet berikut ini sebagian
dari apa yang tersedia di internet :
a. Informasi untuk kehidupan pribadi seperti kesehatan, rekreasi, hoby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
b. Informasi
untuk kehidupan profesional/pekerja seperti sains, teknologi,
perdagangan saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi
bisnis, berbagai forum komunikasi.
Motivasi
adalah factor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu.
Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa motivasi pada dasarnya adalah
kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan (action atau
activaties) dan memberikan kekuatan (energy) yang mengarah kepada
pencapaian kebutuhan memebri kepuasan ataupun mengurangi
ketidaksinambungan. Oleh karena itu tidak aka nada motivasi, jika tidak
dirasakan rangsangan-rangasangan terhadap hal semacam di atas yang akan
menumbuhkan motivasi dan motivasi yang telah tumbuh memang dapat
menjadikan motor dan dorongan untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan
atau pencapaian keseimbangan.
Jurnal
tersebut mengungkapkan prestasi belajar adalah hasil penilaian
pendidikan terhadap proses belajar dan hasil belajar siswa (winkel,
1987). Penilaian yang dimaksud adalah penilaian yang dilakukan untuk
menentukan seberapa jauh proses belajar dan hasil belajar siswa telah
sesuai dengan tujuan instruksional yang sudah ditetapkan baik menurut
aspek isi maupun aspek perilaku.
Kemudian jurnal tersebut menjelaskan penelitian mereka dengan kesimpulan :
1. Berdasarkan
uji korelasi dan regresi di peroleh fakta bahwa secara porsial tidak
ada hubungan atau pengaruh yang signifikan antara variabel pemanfaatan
e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa.
2. Pengaruh
secara parsial dari variabel pemanfaatan e-learning dengan kemampuan
pemahaman mahasiswa berdasarkan uji yang telah dilakukan menunjukan
adanya pengaruh yang signifikan. Pada kondisi ini dapat dijelaskan
secara sendiri-sendiri atau parsial terdapat pengaruh pemanfaatan
e-learning terhadap kemampuan pemahaman mahasiswa.
Hasil pengujian regresi yang dilakukan secara bersama-sama atau uji serentak diperoleh hasil bahwa pengaruh secara bersama dari variabel pemanfaatan e-learning dengan prestasi belajar mahasiswa dan kemampuan pemahaman mahasiswa menunjukan pengaruh yang signifikan dan positif.
Jade dynasty
Jade Dynasty merupakan game MMORPG yang dikembangkan oleh Perfect World Entertainment dan akan dipasarkan oleh PT.LYTO Datarindo Fortuna.
Selalu menjadi tujuan terbesar dari manusia untuk menemukan rahasia dari keabadian. Misi untuk mencapai hidup kekal selalu dan akan selalu dimulai dengan pengetahuan. Tetapi ada suatu satu kebeneran yang tidak terungkap. Berabad-abad lalu, lima golongan mengajarkan dengan berbagai pengetahuan yang mereka rasakan benar.
Dua golongan berjalan di jalan yang baik, sedangkan tiga lainnya berjalan di jalan yang jahat. Lima golongan ini melalui penelitian bertahun-tahun dan pembelajaran, telah mengolah kemampuan mereka untuk menyalurkan tenaga dalam ataupun mengontrol ilmu sihir. Sejarah selalu ditakdirkan untuk mengulang sendiri dan tidak banyak yang berubah. Lima golongan tersebut masing-masing menjanjikan berbagai pengetahuan dan kekuatan berbeda untuk menemukan jalan menuju keabadian.
Apakah kamu akan mengikuti jalan kebenaran atau memilih bergabung dengan kekuatan jahat? Itu semua terserah kalian semua. Waktu telah tiba bagimu untuk bergabung dalam sejarah, pilih golongan pilihanmu dan bukalah jalan menuju keabadian.
Manfaat game ini : membantu kesabaran dan ketelitian dalam membangun karakter tokoh, karena jika salah membangun karakter akan menghasilkan kekuatan yang setengah2
+ :
- Melatih kesabaran
- Membangun karakter sebaik mungkin
- :
- Lupa waktu
- Ketagihan membeli voucher cash lyto(item mall)
http://id.wikipedia.org/wiki/Dalam_jaringan
http://www.mediasugesti.com/index.php/tahukah-anda/245-pengertian-online
http://wieyatnoesoekamti.blogspot.com/2012/10/etika-dan-tata-cara-penulisan-dalam.html
http://yasiendt.blogspot.com/2012/10/etika-dan-tata-cara-menulis-di-dunia.html
http://mataornai.blogspot.com/2012/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html
http://anderzt.blogspot.com/p/tata-cara-etika-menulis-di-internet.html
http://www.politik.lipi.go.id/index.php/in/kegiatan/tahun-2010/170-workshop-publikasi-online
http://www.kotakgame.com/gamebox/detail.php?c=20&g=3104
sinergi untuk kemajuan bersama di masa yang akan datang.
No comments:
Post a Comment