Computer-supported cooperative work (CSCW)
Pengertian CSCW
Computer-supported
cooperative work (CSCW) merupakan suatu group user yaitu bagaimana cara
merancang suatu system yang digunakan untuk membantu pekerjaan sebagai
suatu group dan bagaimana memahami dampak dari suatu teknologi pada pola
pekerjaan mereka. HCI berasal dari ilmu psychology-computing sedangkan
CSCW
bersumbu pada sociology-computing. CSCW merupakan suatu system komputer
yang mendukung pekerjaan sebagai suatu group yang dikenal dengan
istilah groupware.CSCW dapat diartikan juga sebagai sesuatu cara untuk
merancang suatu sistem yang digunakan untuk membantu pekerjaan sebagai
suatu group dan bagaimana memahami dampak suatu teknologi pada pola
pekerjaan mereka,
CSCW
juga merupakan suatu sistem yang mendukung pekerjaan groupware.Computer
Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene
Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang
dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk
memudahkan pekerjaan mereka.
CSCW memiliki tujuan yaitu :
• Mempelajari bagaimanaorangbekerja sama sebagaikelompok dan apa yang mempengaruhiteknologi
• Mendukung proses pelaksanaan pekerjaan walaupun secara geografis dipisahkan
Contoh yang digunakan pada CSCW adalah
• Kaloborasi para Ilmuwan yang bekerja sama pada suatu proyek
• Pengarang mengedit suatu dokumen bersama-sama
• Programmer suatu sistem secara bersamaan
• Bekerja sama sebagai sharing atas suatu video bersama yang conferencing aplikasi
• Para pembeli dan para penjual melakukan transaksi secara eBay
• Mempelajari bagaimanaorangbekerja sama sebagaikelompok dan apa yang mempengaruhiteknologi
• Mendukung proses pelaksanaan pekerjaan walaupun secara geografis dipisahkan
Contoh yang digunakan pada CSCW adalah
• Kaloborasi para Ilmuwan yang bekerja sama pada suatu proyek
• Pengarang mengedit suatu dokumen bersama-sama
• Programmer suatu sistem secara bersamaan
• Bekerja sama sebagai sharing atas suatu video bersama yang conferencing aplikasi
• Para pembeli dan para penjual melakukan transaksi secara eBay
CSCW
seringkali diasumsikan sebagai aspek yang dihasilkan dari sebuah
groupware. CSCW lebih berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal yang
terjadi dalam proses interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna.
Interaksi tersebut antara lain:
A komunikasi yang normal antar manusia
1. Komunikasi face-to-face
2. Percakapan
B komunikasi berbasis teks
1. Komunikasi face-to-face
2. Percakapan
B komunikasi berbasis teks
Percakapan
Terdapat dua prinsip ucapan antara lain:
• relevan artinya bahwa suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu
• helpful artinya suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh pendengar dan tidak ada ambigu dari pemahaman pendengar
Terdapat dua prinsip ucapan antara lain:
• relevan artinya bahwa suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu
• helpful artinya suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh pendengar dan tidak ada ambigu dari pemahaman pendengar
Komunikasi Berbasis Teks
Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware:
• discrete; pesan langsung seperti dalam email
• linear; pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal
• non-linear; saat pesan dihubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext
• spatial; dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi
Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware:
• discrete; pesan langsung seperti dalam email
• linear; pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal
• non-linear; saat pesan dihubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext
• spatial; dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi
Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Computer_supported_cooperative_work
No comments:
Post a Comment