Sebuah komunitas online adalah sebuah komunitas virtual yang ada secara online dan anggota yang memungkinkan keberadaannya melalui mengambil bagian dalam ritual keanggotaan. Sebuah komunitas online dapat mengambil bentuk sistem informasi mana setiap orang dapat memposting konten, seperti sistem papan buletin atau satu di mana hanya sejumlah terbatas orang bisa memulai posting, seperti weblog. Komunitas online juga telah menjadi bentuk komunikasi tambahan antara orang-orang yang saling mengenal terutama dalam kehidupan nyata. Banyak cara yang digunakan dalam perangkat lunak sosial secara terpisah atau dalam kombinasi, termasuk chat berbasis teks dan forum yang menggunakan suara, video teks atau avatar. Signifikan perubahan sosio-teknis mungkin dihasilkan dari proliferasi seperti internet berbasis jaringan sosial.
Pengembangan Komunitas Online
Ada seperangkat nilai-nilai yang perlu dipertimbangkan ketika mengembangkan komunitas online. Beberapa nilai meliputi: peluang, pendidikan, budaya, demokrasi, pelayanan manusia, kesetaraan dalam perekonomian, informasi, keberlanjutan, dan komunikasi.
Dalam referensi ke sebuah komunitas online, fokus utama pengembang adalah untuk menciptakan sebuah teknologi yang melekat pada kepentingan, serta kebutuhan sosial dan dasar, masyarakat. Tujuan utama adalah komunitas online untuk melayani sebagai dasar bersama bagi orang-orang yang berbagi minat yang sama seperti satu sama lain. Beberapa orang tidak percaya diri ketika berkomunikasi tatap muka dengan orang lain dan komunitas online menyediakan tempat bagi orang-orang untuk berlatih teknik yang akan membantu mereka menjadi lebih percaya diri dalam keterampilan komunikasi mereka. Orang yang malu atau tidak aman ketika datang ke tatap muka komunikasi dapat menggunakan masyarakat untuk mengenal orang lain tanpa harus secara langsung menunjukkan rasa malu atau ketidakamanan. Individu dapat berbicara dengan orang-orang yang berbagi minat yang sama mereka hanya dalam bentuk yang berbeda dari komunikasi.
Ketika komunitas online yang pertama kali dikembangkan mereka dilihat sebagai dasarnya berbeda dari tatap muka komunikasi. Namun, yang terlibat dalam komunitas online, hari ini, telah menjadi rutinitas normal dalam kehidupan banyak orang dari seluruh dunia. Orang menggunakan komunitas online untuk bersaing dengan apa yang terjadi di komunitas lokal mereka, seperti gereja mendatang atau acara olahraga. Masyarakat online juga digunakan untuk kegiatan tertentu atau hobi seperti game online atau membuat blog fashion. Pendidikan juga telah menjadi bagian besar dari dunia komunitas online. Siswa dapat mengambil kelas online dan mereka dapat berkomunikasi dengan guru mereka melalui kursus online mereka (es) Baru-baru ini perusahaan sudah mulai menggunakan komunitas online untuk berkomunikasi dengan pelanggan apa yang mereka lakukan dalam rangka untuk meningkatkan cara bisnis bekerja. , serta informasi baru berbagi tentang bisnis dengan pelanggan. Sebagai contoh, ada sejumlah komunitas online yang berhubungan dengan perawatan kesehatan yang membantu menginformasikan, menasihati, dan mendukung setiap pasien / anggota yang menderita penyakit atau masalah kesehatan lainnya. Berbagai macam profesional dapat datang bersama-sama untuk berbagi pikiran dan ide-ide tentang topik tertentu atau isu.
Ketika mengembangkan sebuah komunitas online, adalah penting untuk memiliki teknologi yang tepat diperlukan untuk menjaga anggota tertarik, manajemen aset, dan menjunjung tinggi hubungan masyarakat. Semuanya harus di tempat dan diselenggarakan dalam rangka untuk komunitas online untuk menjadi sukses dan bermanfaat. Para pengembang mempertimbangkan apakah atau tidak semua anggota komunitas online pandai menggunakan teknologi. Jika komunitas online tidak bisa dilakukan atau digunakan untuk beberapa pengguna, mereka akan putus asa, pada gilirannya, menyebabkan mereka untuk tidak ingin menggunakan komunitas online (ies) sama sekali. Juga, untuk memastikan bahwa komunitas online dalam anggota kepentingan, pengembang dapat berkomunikasi dengan seseorang atau sekelompok orang dalam masyarakat lokal untuk mencari tahu apa yang masyarakat sebagai keseluruhan suka untuk melihat online sebagai bagian dari komunitas online. Survei dan papan diskusi, di mana anggota dapat mengirim umpan balik mereka, merupakan bagian penting dalam mengembangkan sebuah komunitas online karena fakta bahwa kebutuhan masyarakat, serta kebutuhan individu, selalu berubah. Ada hampir tidak ada komunikasi tatap muka di dunia komunitas online, sehingga pengembang 'ingin memastikan bahwa semua anggota yang berpartisipasi adalah konten dan nyaman dengan anggota lain
Komunitas online yang dikembangkan untuk mendorong individu untuk datang bersama-sama untuk mengajar dan belajar dari satu sama lain. Mereka membuka pintu untuk belajar kolaboratif dan lebih berfokus pada bagaimana individu belajar dari masing-masing daripada bagaimana mereka belajar dari instruktur. Komunitas online mendorong peserta didik diri untuk membahas dan belajar tentang dunia nyata masalah / situasi serta fokus pada hal-hal seperti kerja sama tim, berpikir kolaboratif, pengalaman pribadi, dan sebagainya. Anggota komunitas online berhak atas pendapat mereka sendiri dan pikiran, tetapi anggota juga didorong untuk belajar dari pengalaman masyarakat lainnya anggota online dan pikiran / pendapat juga.
Karena komunitas online, untuk pertama kalinya adalah mungkin untuk dihubungkan ke ratusan juta orang pada waktu yang sama. Internet telah menjadi media komunikasi dan komputasi karena biaya rendah dan inovasi teknologi dalam suara dan teknik messaging, kemungkinan akan terus tumbuh dan menyebar.
Biaya memainkan peran dalam semua aspek dan tahapan untuk komunitas online. Teknologi yang cukup murah dan mudah dicapai dan program juga telah mempengaruhi peningkatan pembentukan komunitas online. Sementara pembayaran diperlukan untuk berpartisipasi di beberapa komunitas online (seperti website kencan tertentu atau untuk langganan bulanan permainan), banyak situs lainnya bebas untuk pengguna (seperti Facebook dan jejaring sosial Twitter). Karena deregulasi dan akses internet meningkat dan tingkat penggunaan popularitas komunitas online telah meningkat. Komunitas online memberikan kepuasan instan, hiburan, dan pembelajaran. Peserta komunitas online dapat berkomunikasi dengan satu atau banyak teman pada satu waktu, menerima umpan balik dari orang lain (teman, keluarga, dan orang asing), dan memperoleh pengetahuan, apakah itu akan dicari atau stumbled atas.
Konektivitas media memiliki implikasi yang signifikan bagi cara masyarakat berinteraksi sebagai individu dan sebagai kolektif. Individualisme menyusut sementara prospek "desa global" menjadi lebih dan lebih jelas. Masyarakat online yang dinamis oleh alam dan penting bahwa para peneliti dan organisasi memiliki kekuatan untuk mengklasifikasikan mereka. Sebagai contoh adalah penting untuk mengetahui keamanan, akses, dan persyaratan teknologi dari jenis tertentu dari masyarakat karena berkembang dari sebuah forum terbuka ke forum pribadi dan diatur
Kelompok kerja virtual
Kelompok kerja virtual adalah sekelompok orang yang bekerja pada sebuah
proyek yang umum melalui teknologi seperti email, pesan instan, database
bersama, diskusi threaded dan kalender.
Kemampuan bersosialisasi dan bekerja sama yang tinggi dari para
profesional membuat mereka mampu membentuk kelompok kerja virtua,
berkumpul dan membentuk team saat ada pekerjaan yang harus di tangani
dan membubarkan diri ketika pekerjaan tersebut telah selesai.
Team kerja virtual ini hanya bisa di bentuk oleh para profesional yang
sudah bisa bertindak sebagai agen independen bagi dirinya sendir, mereka
hanya jadi terikat ketika sedang menangani suatu proyek yang di
kerjakan oleh team virtual. Dalam konteks organisasi kelompok kerja
virtual ini yang masing- masing merupakan perpaduan sejumlah bakat dan
keahlian khusus, bila muncul dan melintasi batas- batas organisasi
konvensioanl seperti yang terdapat pada perusahaan umumnya.
Polarisasi kelompok
Polarisasi kelompok adalah gejala mengumpulya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu.
Efek polarisasi menyinggung pada rata- rata score individu sebelum dan
setelah diskusi kelompok. Anggota kelompok paling ekstrem mungkin
sekali, sudah menjadi lebih moderat setelah diskusi itu. Tetapi pada
rata- rata pertimbanagan atau pilihan sudah menjadi yang lebih ektrem.
Fenomena polarisasi kelompok adalah kecendrungan kelompok yang
menyebabkan orang mengubah keputusan mereka, baik ke arah yang lebih
teliti, atau lebih mengandung resiko.
Faktor yang mengubah kelompok adalah informasi yang di sampaikan selama diskusi kelompok tentang masalah.
Alternatif keputusan yang menerima jumlah argumen yang paling besar
adalah yang terpilih. Polarisasi kelompok mengacu pada temuan bahwa
setelah berpartisipasi dalam kelompok diskusi, angoota cenderung
mendukung posisi yang lebih eksrem dan atau panggilan untuk kursus
berisiko tindakan dari pada orang yang tidak berpartisispasi dalam
diskusi tersebut.
http://en.wikipedia.org/wiki/Online_community
http://www.elbirtus.info/2012/08/pengertian-polarisasi_13.html
http://books.google.co.id/books?id=qPFDETMhBckC&pg=PA112&lpg=PA112&dq=polarisasi+kelompok&source=bl&ots=CRp1mcAfZ3&sig=gjeqXtw80wpN3HiyAWbKM8IqbZA&hl=id&sa=X&ei=mvSAUKOFOcyxrAfexYCgDQ&ved=0CDoQ6AEwBQ#v=onepage&q=polarisasi%20kelompok&f=false
http://ellopedia.blogspot.com/2010/09/kelompok-kerja.html
No comments:
Post a Comment