Friday, September 28, 2012

sejarah Netiquette



                            Sejarah netiquette

Netiquette kepanjangan dari Network + etiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
  3. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming, trolling, junking saat berforum.

Netiquette (a portmanteau dari " jaringan etiket "atau" Internet etiket ") adalah seperangkat konvensi sosial yang memfasilitasi interaksi melalui jaringan, mulai dari Usenet dan mailing list untuk blog dan forum . Pengaturan tersebut dijelaskan dalam IETF RFC 1855 . Namun, seperti banyak fenomena Internet , konsep dan aplikasinya tetap dalam keadaan fluks, dan bervariasi dari masyarakat untuk masyarakat. Poin yang paling kuat menekankan tentang netiket USENET sering termasuk menggunakan sederhana tanda tangan elektronik , dan menghindari multiposting, cross-posting , off-topik posting, pembajakan thread diskusi, dan teknik lain yang digunakan untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk membaca sebuah posting atau thread. Netiquette pedoman diposting oleh IBM bagi karyawan memanfaatkan Second Life dalam kapasitas resmi, namun, fokus pada profesionalisme dasar, lingkungan kerja ramah, dan melindungi IBM kekayaan intelektual . Demikian pula, beberapa panduan Usenet panggilan untuk penggunaan unabbreviated Bahasa Inggris sedangkan pengguna online chat protokol seperti IRC dan instant messaging protokol seperti SMS sering mendorong justru sebaliknya, mendukung penggunaan bahasa SMS .


                Sejarah Netiquette dimulai sebelum dimulainya World Wide Web . Email berbasis teks, Telnet , Usenet , Gopher , Wais , dan FTP dari badan pendidikan dan penelitian didominasi lalu lintas internet. Pada saat itu, itu dianggap agak tidak senonoh untuk membuat postingan publik komersial, dan keterbatasan tidak aman, komunikasi teks saja menuntut bahwa masyarakat memiliki seperangkat aturan. Istilah "" netiket telah digunakan setidaknya sejak tahun 1983, yang dibuktikan dengan tulisan dari "Dear" Emily Postnews kolom satir.  Aturan Umum untuk e-mail dan USENET seperti menghindari flamewars dan spam yang konstan di media paling dan masyarakat. aturan lain adalah hanya menggunakan opt-in pada bentuk, saat membuat akun seperti di forum - dan semacamnya. Seringkali, pilihan 'Newsletter' (misalnya) telah dicentang. Ini bertentangan netiket, tapi secara luas dilakukan (bahkan di wikipedia, ketika Jimmy Wales meminta sumbangan). aturan lain adalah untuk menghindari keharusan mengetikkan semua topi atau terlalu membesar script untuk penekanan, yang dianggap setara dengan berteriak atau berteriak. poin umum bersama lainnya, seperti mengingat posting yang satu adalah (atau mudah bisa dibuat) publik, umumnya intuitif dipahami oleh penerbit dari halaman Web dan poster ke USENET, meskipun peraturan ini agak fleksibel tergantung pada lingkungan. Pada protokol yang lebih privat, bagaimanapun, seperti e-mail dan SMS, beberapa pengguna mengambil privasi posting mereka untuk diberikan. Satu-satu komunikasi, seperti pesan pribadi di chat forum dan SMS langsung, dapat dianggap lebih pribadi daripada protokol seperti lainnya, tetapi pelanggaran terkenal surround bahkan media ini relatif pribadi. Misalnya, Paris Hilton 's Sidekick PDA adalah retak pada tahun 2005, sehingga dalam publikasi foto pribadinya, sejarah SMS, buku alamat, dll

Lebih substansial, email kelompok dikirim oleh Cerner CEO Neal Patterson untuk manajer fasilitas di Kansas City tentang "Teman-menurun bekerja Cerner etika" membaca, dalam bagian, "Tempat parkir yang jarang digunakan pukul 8 pagi, demikian pula di 17:00 Sebagai manajer - Anda juga tidak tahu apa KARYAWAN Anda lakukan, atau ANDA tidak CARE ... Dalam kedua kasus, Anda punya masalah dan Anda akan memperbaikinya atau aku akan menggantikan kamu ". Setelah email itu diteruskan ke ratusan karyawan lainnya, dengan cepat bocor ke publik. Pada hari bahwa email ini diposting untuk Yahoo! , harga saham's Cerner turun lebih dari 22% dari tinggi sebesar $ 1,5 milyar USD.

Selain hal-hal kesopanan dasar dan privasi, e-mail sintaks (didefinisikan oleh RFC 2822 ) memungkinkan untuk berbagai jenis penerima. Penerima primer, ditetapkan oleh To: baris, diperkirakan mungkin merespon, tapi penerima salinan karbon tidak bisa, meskipun mereka masih mungkin. Demikian juga, penyalahgunaan CC: berfungsi sebagai pengganti tradisional milis dapat mengakibatkan dalam masalah teknis serius. Pada akhir 2007, karyawan Amerika Serikat Departemen Keamanan Dalam Negeri digunakan CC besar: daftar di tempat sebuah mailing list untuk menyiarkan pesan ke beberapa ratus pengguna. Penyalahgunaan dari "membalas ke semua" menyebabkan jumlah tanggapan terhadap pesan yang dengan cepat memperluas ke sekitar dua juta pesan, menjatuhkan server mail mereka. Dalam kasus seperti ini, aturan netiket harus dilakukan dengan berbagi sumber daya yang efisien dan memastikan bahwa teknologi terkait terus fungsi daripada etiket dasar lebih. "Ketika seseorang membuat kesalahan - apakah itu kesalahan ejaan atau ejaan api, pertanyaan bodoh atau jawaban tidak perlu panjang -. Bersikap baik tentang hal itu Jika itu kesalahan kecil, Anda mungkin tidak perlu mengatakan apa-apa Bahkan jika Anda. merasa kuat tentang hal itu, berpikir dua kali sebelum bereaksi. Memiliki sikap yang baik diri sendiri tidak memberikan lisensi untuk memperbaiki orang lain Jika Anda memutuskan untuk menginformasikan seseorang dari kesalahan,. titik itu sopan, dan lebih disukai melalui email pribadi dibandingkan di depan umum Berikan manfaat dari keraguan;. menganggap mereka hanya tidak mengetahui yang lebih baik dan tidak pernah sombong atau diri benar tentang hal ini Sama seperti itu adalah hukum alam yang ejaan api selalu mengandung kesalahan ejaan, catatan menunjukkan pelanggaran Netiquette.. sering contoh Netiquette miskin. (S. Virginia, Netiquette). (1997 http://www.albion.com/netiquette/book/index.html ) "

Variasi dalam etiket antara masyarakat dengan menggunakan teknologi yang sama dapat dilihat ketika standar membandingkan pemerintahan editor wiki: IBM Redwiki pedoman mengancam hilangnya hak mengedit atas kesalahan faktual, sedangkan Memory Alpha dan wiki publik lainnya mengambil sumber-terbuka baris terinspirasi bahwa "atau menyesatkan informasi palsu" hanya harus diperbaiki, pembatas kedengkian jelas . Namun, kedua proyek mendesak editor untuk tidak mengizinkan diri mereka sendiri rasa kepemilikan atas artikel yang diberikan, seperti halnya Wikipedia . Karena variasi besar antara perilaku yang dapat diterima di berbagai lingkungan profesional dan sosial antara jaringan profesional, dikodifikasikan internal manual gaya merupakan kunci untuk menegakkan batas yang dapat diterima untuk perilaku pengguna. Sebagai contoh, kegagalan untuk menerbitkan panduan tersebut dikutip salah satu alasan untuk 17.000 NZD $ pemberhentian salah menemukan terhadap perusahaan yang dipecat seorang wanita untuk penyalahgunaan semua topi lebar email di lalu lintas-perusahaan.
dokterbagus.com/2011/05/21/netiquette-2/
http://yundiametalia.blogspot.com/2010/11/netiquette.html

No comments:

Post a Comment