Sejarah netiquette
Netiquette kepanjangan dari Network + etiquette merupakan Etika
dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas,
diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna
Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam
memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum
dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki
komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. Beberapa aturan yang
ada pada Nettiquete ini adalah:
- Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
- Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
- dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan
informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil
keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian
no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu
privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital
terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming, trolling,
junking saat berforum.
Netiquette (a portmanteau dari "
jaringan etiket "atau" Internet etiket ") adalah seperangkat
konvensi sosial yang memfasilitasi interaksi melalui jaringan, mulai dari
Usenet dan mailing list untuk blog dan forum . Pengaturan tersebut dijelaskan
dalam IETF RFC 1855 . Namun, seperti banyak fenomena Internet , konsep dan
aplikasinya tetap dalam keadaan fluks, dan bervariasi dari masyarakat untuk
masyarakat. Poin yang paling kuat menekankan tentang netiket USENET sering
termasuk menggunakan sederhana tanda tangan elektronik , dan menghindari
multiposting, cross-posting , off-topik posting, pembajakan thread diskusi, dan
teknik lain yang digunakan untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk membaca
sebuah posting atau thread. Netiquette pedoman diposting oleh IBM bagi karyawan
memanfaatkan Second Life dalam kapasitas resmi, namun, fokus pada
profesionalisme dasar, lingkungan kerja ramah, dan melindungi IBM kekayaan
intelektual . Demikian pula, beberapa panduan Usenet panggilan untuk penggunaan
unabbreviated Bahasa Inggris sedangkan pengguna online chat protokol seperti
IRC dan instant messaging protokol seperti SMS sering mendorong justru
sebaliknya, mendukung penggunaan bahasa SMS .
Sejarah Netiquette dimulai sebelum dimulainya World Wide Web . Email berbasis teks, Telnet , Usenet , Gopher , Wais , dan FTP dari badan pendidikan dan penelitian didominasi lalu lintas internet. Pada saat itu, itu dianggap agak tidak senonoh untuk membuat postingan publik komersial, dan keterbatasan tidak aman, komunikasi teks saja menuntut bahwa masyarakat memiliki seperangkat aturan. Istilah "" netiket telah digunakan setidaknya sejak tahun 1983, yang dibuktikan dengan tulisan dari "Dear" Emily Postnews kolom satir. Aturan Umum untuk e-mail dan USENET seperti menghindari flamewars dan spam yang konstan di media paling dan masyarakat. aturan lain adalah hanya menggunakan opt-in pada bentuk, saat membuat akun seperti di forum - dan semacamnya. Seringkali, pilihan 'Newsletter' (misalnya) telah dicentang. Ini bertentangan netiket, tapi secara luas dilakukan (bahkan di wikipedia, ketika Jimmy Wales meminta sumbangan). aturan lain adalah untuk menghindari keharusan mengetikkan semua topi atau terlalu membesar script untuk penekanan, yang dianggap setara dengan berteriak atau berteriak. poin umum bersama lainnya, seperti mengingat posting yang satu adalah (atau mudah bisa dibuat) publik, umumnya intuitif dipahami oleh penerbit dari halaman Web dan poster ke USENET, meskipun peraturan ini agak fleksibel tergantung pada lingkungan. Pada protokol yang lebih privat, bagaimanapun, seperti e-mail dan SMS, beberapa pengguna mengambil privasi posting mereka untuk diberikan. Satu-satu komunikasi, seperti pesan pribadi di chat forum dan SMS langsung, dapat dianggap lebih pribadi daripada protokol seperti lainnya, tetapi pelanggaran terkenal surround bahkan media ini relatif pribadi. Misalnya, Paris Hilton 's Sidekick PDA adalah retak pada tahun 2005, sehingga dalam publikasi foto pribadinya, sejarah SMS, buku alamat, dll
Lebih substansial, email kelompok dikirim
oleh Cerner CEO Neal Patterson untuk manajer fasilitas di Kansas City tentang
"Teman-menurun bekerja Cerner etika" membaca, dalam bagian,
"Tempat parkir yang jarang digunakan pukul 8 pagi, demikian pula di 17:00
Sebagai manajer - Anda juga tidak tahu apa KARYAWAN Anda lakukan, atau ANDA
tidak CARE ... Dalam kedua kasus, Anda punya masalah dan Anda akan
memperbaikinya atau aku akan menggantikan kamu ". Setelah email itu diteruskan
ke ratusan karyawan lainnya, dengan cepat bocor ke publik. Pada hari bahwa
email ini diposting untuk Yahoo! , harga saham's Cerner turun lebih dari 22%
dari tinggi sebesar $ 1,5 milyar USD.
Selain hal-hal kesopanan dasar dan
privasi, e-mail sintaks (didefinisikan oleh RFC 2822 ) memungkinkan untuk
berbagai jenis penerima. Penerima primer, ditetapkan oleh To: baris,
diperkirakan mungkin merespon, tapi penerima salinan karbon tidak bisa,
meskipun mereka masih mungkin. Demikian juga, penyalahgunaan CC: berfungsi
sebagai pengganti tradisional milis dapat mengakibatkan dalam masalah teknis
serius. Pada akhir 2007, karyawan Amerika Serikat Departemen Keamanan Dalam
Negeri digunakan CC besar: daftar di tempat sebuah mailing list untuk
menyiarkan pesan ke beberapa ratus pengguna. Penyalahgunaan dari "membalas
ke semua" menyebabkan jumlah tanggapan terhadap pesan yang dengan cepat
memperluas ke sekitar dua juta pesan, menjatuhkan server mail mereka. Dalam
kasus seperti ini, aturan netiket harus dilakukan dengan berbagi sumber daya
yang efisien dan memastikan bahwa teknologi terkait terus fungsi daripada
etiket dasar lebih. "Ketika seseorang membuat kesalahan - apakah itu
kesalahan ejaan atau ejaan api, pertanyaan bodoh atau jawaban tidak perlu
panjang -. Bersikap baik tentang hal itu Jika itu kesalahan kecil, Anda mungkin
tidak perlu mengatakan apa-apa Bahkan jika Anda. merasa kuat tentang hal itu,
berpikir dua kali sebelum bereaksi. Memiliki sikap yang baik diri sendiri tidak
memberikan lisensi untuk memperbaiki orang lain Jika Anda memutuskan untuk
menginformasikan seseorang dari kesalahan,. titik itu sopan, dan lebih disukai
melalui email pribadi dibandingkan di depan umum Berikan manfaat dari
keraguan;. menganggap mereka hanya tidak mengetahui yang lebih baik dan tidak
pernah sombong atau diri benar tentang hal ini Sama seperti itu adalah hukum
alam yang ejaan api selalu mengandung kesalahan ejaan, catatan menunjukkan
pelanggaran Netiquette.. sering contoh Netiquette miskin. (S. Virginia,
Netiquette). (1997 http://www.albion.com/netiquette/book/index.html ) "
Variasi dalam etiket antara masyarakat
dengan menggunakan teknologi yang sama dapat dilihat ketika standar
membandingkan pemerintahan editor wiki: IBM Redwiki pedoman mengancam hilangnya
hak mengedit atas kesalahan faktual, sedangkan Memory Alpha dan wiki publik
lainnya mengambil sumber-terbuka baris terinspirasi bahwa "atau
menyesatkan informasi palsu" hanya harus diperbaiki, pembatas kedengkian
jelas . Namun, kedua proyek mendesak editor untuk tidak mengizinkan diri mereka
sendiri rasa kepemilikan atas artikel yang diberikan, seperti halnya Wikipedia
. Karena variasi besar antara perilaku yang dapat diterima di berbagai
lingkungan profesional dan sosial antara jaringan profesional, dikodifikasikan
internal manual gaya merupakan kunci untuk menegakkan batas yang dapat diterima
untuk perilaku pengguna. Sebagai contoh, kegagalan untuk menerbitkan panduan
tersebut dikutip salah satu alasan untuk 17.000 NZD $ pemberhentian salah
menemukan terhadap perusahaan yang dipecat seorang wanita untuk penyalahgunaan
semua topi lebar email di lalu lintas-perusahaan.
dokterbagus.com/2011/05/21/netiquette-2/
http://yundiametalia.blogspot.com/2010/11/netiquette.html
No comments:
Post a Comment